5 Hal Ini Harus Kamu Persiapkan Untuk Belajar Di Luar Negeri


Bersama ini kami sampaikan informasi Artikel 5 Hal Ini Harus Kamu Persiapkan Untuk Belajar Di Luar Negeri, Berikut ini:

Menempuh studi di luar negeri merupakan salah satu kesempatan yang bisa dimiliki oleh seorang pelajar untuk mendalami materi yang ingin dipelajari sekaligus mengenal budaya baru. Selain itu, perjalanan dalam skala internasional juga akan menciptakan tantangan baru yang unik, mulai dari pengenalan bahasa, budaya, dan sebagainya.

Berkaitan dengan hal tersebut, ada baiknya jika kamu melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu untuk menghindari munculnya rasa frustrasi saat meninggalkan kampung halaman. Lantas, apa saja hal yang perlu dipersiapkan? Simak ulasannya berikut ini.

1. Persiapkan dokumen pribadimu

Beberapa negara biasanya menerapkan hukum internasional, di mana pelancong yang datang, termasuk pelajar, harus membawa dokumen yang diperlukan sebagai identitas. Oleh karena itu, sebelum pergi belajar ke luar negeri, pastikan kamu membawa dokumen yang diperlukan.

Bahkan, setidaknya dokumen seperti visa dan paspor, sudah kamu siapkan satu bulan sebelum keberangkatan. Hal ini guna mempermudah proses perjalanan kamu saat hari H tiba.

Baca Juga:   Beasiswa Fulbright Kunjungan ke AS buat Dosen, Pegawai, dan NGO. Deadline 1 November 2020

2. Mempelajari budaya lokal tempat kamu akan menempuh masa studi

Meski akan belajar budaya lokal setelah tiba di tempat tujuan, ada baiknya kamu membaca dan mencari tahu kebiasaan yang dilakukan masyarakat setempat di daerah tempatmu tinggal nanti. Lakukan penelitian mengenai perilaku yang dianggap sopan dan tidak oleh penduduk asli sana.

Hal ini bertujuan agar nantinya kamu mendapatkan kesan yang baik dan lebih mudah diterima oleh masyarakat di sana. Jangan sampai kamu melakukan hal sebaliknya yang dapat merusak citra kamu sebagai pendatang, ya!

3. Menukarkan uang sesuai dengan mata uang yang dipakai

Beberapa orang berpandangan jika kita bisa menukar uang di mana pun kita berada, termasuk di tempat tinggal nanti. Ini tak salah. Hanya saja, untuk mencegah pengeluaran berlebih, sebaiknya kamu menukar mata uang di bank lokal sebelum jadwal keberangkatan tiba.

Baca Juga:   Beasiswa S2, S3 di King Fahd University of Petroleum & Minerals (KFUPM), Deadline 29 September 2020

Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan nilai tukar yang lebih rendah dibandingkan dengan nilai tukar di negara aslinya. Pertimbangkan untuk mengajukan kartu kredit wisatawan demi mengurangi beban biaya konversi atau penukaran yang berlebihan.

4. Asuransikan dirimu dan barang-barang yang kamu bawa

Setiap perjalanan, baik internasional maupun domestik, tentunya melibatkan risiko tertentu. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengasuransikan dirimu serta barang-barang berharga yang kamu miliki sebelum melakukan perjalanan.

Hal ini penting guna melindungi kehilangan atas barang-barang yang dimiliki serta kecelakaan yang bisa terjadi kapan pun. Jika kejadian tidak mengenakkan ini terjadi, setidaknya kamu bisa bernapas lebih lega saat mengurusnya.

5. Buat daftar barang yang harus dibawa dan periksa kembali sebelum jadwal keberangkatan tiba

Menetap di luar negeri bisa saja terasa sangat sulit jika ada barang-barang penting yang kamu lupakan. Dalam hal ini, cobalah untuk membuat daftar barang yang perlu kamu bawa dan periksa kembali sebelum memasuki jadwal keberangkatan!

Baca Juga:   5 Cara Meningkatkan Rasa PD (Percaya diri)

Jangan lupa juga untuk membawa obat-obatan dan suplemen harian, kartu kredit, perlengkapan mandi, pengisi daya, dan hal penting lainnya. Pengecekan ulang lebih baik dilakukan daripada mengalami kesulitan saat ada hal yang terlupa.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

240 Total Views 4 Views Today

Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja

Bikin Polling di PollingKita.com, Informasi Lowongan Kerja di www.InfoKerja.net, Informasi Biaya di www.Biaya.info