5 Hal yang Bisa Kamu Gunakan Ketika Menunggu Waktu Gap Year


Bersama ini kami sampaikan informasi hal yang kamu bisa gunakan ketika menunggu Gap Year, Berikut ini:

Lulus SBMPTN merupakan impian bagi semua lulusan SMA. Diterima untuk kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN) impian merupakan kebahagiaan yang tiada bandingannya. Namun, tentu dalam sebuah kompetisi ada yang berhasil ada pula yang gagal.

Tercatat di SBMPTN tahun ini, dari 702.420 peserta, hanya 167.653 yang dinyatakan lulus atau hanya sekitar 24 persen yang dinyatakan lulus. Artinya, jumlah siswa yang harus mengalami gap year akan lebih banyak daripada yang lulus SBMPTN tahun ini (jika tidak lulus ujian mandiri masuk PTN dan tidak memutuskan untuk kuliah di universitas swasta).

Siswa-siswa yang gagal lulus di SBMPTN tahun ini harus mengalami gap year atau 1 tahun “menganggur” dan menunggu pendaftaran SBMPTN tahun berikutnya dibuka. Nah, buat kamu yang sedang mengalami gap year, jangan bersedih! Berikut ini adalah hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk mengisi gap year kamu agar lebih bermanfaat.

Baca Juga:   Kamu Suka Menyontek Ketika Ujian? Berikut 5 Dampak yang Terjadi Padamu

1. Ikut bimbingan belajar

Bagi sebagian besar siswa yang gagal di SBMPTN, ikut bimbingan belajar (bimbel) merupakan solusi terbaik agar ilmu-ilmu semasa sekolah mereka tidak hilang, bahkan malah bertambah.

Selain itu, dengan ikut bimbel, kamu juga bisa menambah teman baru, lho! Saat ini, sudah banyak bimbingan belajar yang membuka kelas untuk para gap year ini, baik onsite maupun online. Namun, ikut bimbel biasanya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

2. Mengerjakan soal-soal sendiri di rumah

Kalau kamu merupakan siswa gap year dengan low budget, kamu bisa belajar sendiri dengan membeli buku yang berisi soal-soal di toko buku terdekat. Buku-buku itu harganya lebih murah daripada kamu ikut bimbel.

Selain itu, di dalam buku-buku itu juga, biasanya terdapat pembahasan dari soal-soal yang diberikan. Jadi, kamu gak akan bingung dengan penyelesaian soal-soal tersebut deh.

Baca Juga:   Hindari! 5 Hal Yang Akan Membuat Perjuanganmu Dalam Belajar Menjadi Sia-sia

3. Belajar bareng teman gap year lainnya

Jika teman atau sahabat kamu juga menjadi siswa gap year, tidak ada salahnya kamu ajak mereka untuk belajar bareng untuk membahas soal-soal yang bisa kamu dapatkan di buku-buku bank soal atau dari internet.

Biasanya, dengan belajar bareng teman, semangat belajar kamu pasti lebih meningkat deh, apalagi kalau ada gebetan kamu juga. Eits, tapi hati-hati juga, biasanya kalau sudah berkumpul sama teman, pasti bakalan banyak ngobrol. Jadi, usahakan fokus, ya!

4. Bekerja

Kalau kamu seorang yang money-oriented dengan jargon “waktu adalah uang”, bekerja adalah solusi terbaik untuk mengisi gap year kamu. Selain mendapatkan uang yang bisa saja kamu pakai untuk mendaftar SBMPTN tahun berikutnya, bekerja juga bisa menambah pengalaman kamu, lho!

Selain itu, kamu juga bisa membantu orangtua dari uang yang kamu hasilkan. Wah, pasti enak dong kalau sudah punya penghasilan sendiri. Meski begitu, jangan sampai lupa impian kamu untuk masuk ke PTN, ya!

Baca Juga:   5 Cara Meningkatkan Rasa PD (Percaya diri)

5. Berdagang

Alternatif lain dari bekerja adalah berdagang. Kalau kamu money-oriented, tapi sulit untuk mendapatkan pekerjaan, berdagang adalah pilihan yang terbaik. Dengan zaman media sosial seperti sekarang ini, berjualan menjadi pilihan aktivitas yang mudah dan menghasilkan.

Selain kamu bisa lakukan sambil belajar di rumah, berdagang juga akan menjadi investasi jangka panjang kamu, lho!

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

 

950 Total Views 6 Views Today

Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja

Bikin Polling di PollingKita.com, Informasi Lowongan Kerja di www.InfoKerja.net, Informasi Biaya di www.Biaya.info