5 Keuntungan yang Kamu Dapat Menjadi Mahasiswa Paperless di Era Digital


Bersama ini kami sampaikan informasi Artikel 5 keuntungan menjadi Mahasiswa paperless, Berikut ini:

Tidak dapat dipungkiri bahwa selain plastik, kertas juga menyumbang presentase sampah terbesar di dunia. Terlebih lagi dengan banyaknya produksi kertas, akan semakin banyak pohon-pohon yang ditebang dan dimanfaatkan kayunya. Karena pohon sendiri merupakan bahan baku pembuatan kertas yang selama ini kamu pakai.

Bayangkan berapa banyak pohon yang telah dikorbankan untuk membuat tumpukan kertas yang selama ini kamu gunakan. Tentu tidak berjumlah sedikit. Oleh karena itu, banyak orang yang mencoba gaya hidup paperless guna untuk menyelamatkan pohon-pohon.

Gaya hidup paperless memang sudah seharusnya diterapkan. Terutama oleh para mahasiswa yang tentunya gak asing dengan berlembar-lembar kertas yang berisi tugas. Nah, berikut ini 5 manfaat jika kamu menjadi mahasiswa paperless.

1. Gak perlu takut catatan maupun tugasmu hilang

Hal yang paling menyebalkan saat kuliah adalah ketika catatanmu hilang padahal besok ada ujian. Apalagi jika catatanmu terbawa teman dan lupa dikembalikan. Begitu pula lembaran tugas yang sudah kamu kerjakan semalaman ternyata hilang karena tertumpuk atau mungkin tertinggal di kamar kos padahal akan dikumpulkan. Semua itu tentu menjadi mimpi buruk mahasiswa.

Baca Juga:   5 Universitas Terbaik Di Malaysia yang Paling DiMinati 2020

Namun, berbeda jika kamu menerapkan paperless dalam mencatat materi dari dosen atau saat membuat tugas. Kamu tidak perlu takut catatanmu hilang atau terbawa teman. Saat ada yang pinjam, tinggal kirim saja file tersebut. Kamu juga dimudahkan dengan fitur backup dan pencarian file dalam folder tertentu. Terlebih lagi semua catatanmu dapat diakses dalam sebuah tablet. Sangat praktis bukan?

2. Lebih hemat dalam segi finansial

Banyak yang beranggapan bahwa menjadi mahasiswa paperless itu mahal karena butuh gadget yang mendukung. Well, sebenarnya memang sedikit berat di awal saja. Selebihnya kamu akan merasa diuntungkan. Salah satunya adalah kamu tidak perlu membeli kertas binder lagi karena cukup memakai aplikasi untuk mencatat semua materi.

Baca Juga:   5 Tips Sehat Bagi Kamu yang Sering “ZOOM MEETING” Saat WFH

Terlebih lagi harga buku digital juga lebih murah daripada buku cetak. Hal ini membuat kamu lebih hemat ketika akan membeli buku. Apalagi saat ini juga banyak paket bundle buku digital yang membuat harganya sangat miring. Jadi, sebagian uang buat buku bisa kamu tabung, deh!

3. Terdapat banyak materi dan kursus online secara gratis

Kamu bisa memanfaatkan internet untuk mengakses hal-hal yang dapat menunjang akademismu. Misalnya membaca jurnal digital atau mengikuti kursus online. Apalagi terdapat banyak sekali webinar yang bisa kamu manfaatkan, ditambah kamu juga akan mendapatkan sertifikat yang mungkin akan bermanfaat kelak.Hal ini membuatmu membutuhkan paket internet yang stabil dan dapat men-cover semua kebutuhanmu.

4. Memudahkanmu dalam kuliah daring

Dengan situasi pandemi COVID-19, saat ini pembelajaran dilakukan dengan jarak jauh. Kamu cukup mengakses materi yang diterangkan oleh dosen dengan di rumah saja tanpa harus pergi ke kampus. Ketika mengerjakan tugas ataupun ujian juga dilakukan secara digital. Buat kamu yang terbiasa paperless, perubahan ini tentu malah menguntungkanmu.

Baca Juga:   Beasiswa Kursus Bahasa Asing Online 2020 untuk Pelajar SMA Seluruh Indonesia, Deadline 15 Agustus 2020

5. Bukti kamu sayang bumi

Dengan menjadi mahasiswa paperless, kamu juga ikut mengkampanyekan cinta lingkungan. Kamu berpotensi menyelamatkan hutan yang menjadi paru-paru bumi. Kamu juga meminimalisir sampah kertas mengingat kertas baru bisa terurai selama 2-5 bulan. Meski tidak cukup sulit terurai, tetap lebih baik tidak membuang-buang sampah kertas bukan?

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

220 Total Views 2 Views Today

Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja

Bikin Polling di PollingKita.com, Informasi Lowongan Kerja di www.InfoKerja.net, Informasi Biaya di www.Biaya.info