5 Tips Agar Kamu Tetap Semangat Ikut Kelas Online


Bersama ini kami sampaikan informasi Artikel 5 Tips Agar Kamu Tetap Semangat Ikut Kelas Online, Berikut ini:

Tidak dapat dipungkiri jika hidup dengan kebiasaan baru di tengah pandemik, bukanlah hal yang ideal. Apalagi bagi para pelajar, mereka dituntut untuk dapat menyesuaikan proses belajar mengajar dengan sistem pembelajaran jarak jauh secara online.

Akibatnya, dampak negatif seperti tak fokus belajar dan tak memiliki motivasi pun menghantui mereka. Jika kamu adalah salah seorang yang merasakan hal tersebut, berikut tips agar tetap kamu tetap semangat dalam kelas online.

1. Tetapkan sebuah ruangan yang khusus digunakan untuk belajar

Salah satu cara untuk menjaga motivasi saat belajar dengan sistem daring adalah menetapkan sebuah ruangan yang khusus digunakan untuk belajar. Nantinya, kamu bisa memakai ruangan tersebut untuk menghadiri kelas Zoom, menyelesaikan tugas, dan masih banyak lagi.

Namun ingat, jangan lupa untuk sediakan tempat bersantai di dalam ruangan tersebut agar kamu bisa sedikit lebih rileks ketika sudah merasa sangat tertekan! Percayalah, memiliki ruangan khusus untuk belajar bisa membantu menjaga semangat belajar, lho!

Baca Juga:   Wajib tahu! 5 Tips Dalam Memilih Kampus di Luar Negeri

2. Tuliskan semua tugas dan pekerjaan yang harus kamu selesaikan setiap harinya

Sebagai pelajar, tentu kamu tidak akan bisa lepas dari yang namanya tugas. Sayangnya, sistem pembelajaran jarak jauh melalui kelas online ini, ternyata justru mendatangkan tugas yang lebih banyak daripada waktu belajar dengan tatap muka.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa coba menuliskan semua hal yang perlu dilakukan dengan membuat daftar tugas di buku agenda. Pilih tugas dengan batas waktu yang paling dekat sebagai prioritas utama yang harus kamu selesaikan terlebih dahulu.

3. Berikan hadiah kepada diri sendiri setelah berhasil menyelesaikan kelas atau tugas

Memberi reward sebagai motivasi untuk menyelesaikan tugas, ternyata bisa membuat seseorang lebih cepat dalam mengerjakan. Ini karena kamu akan berusaha lebih keras ketika mengetahui bahwa ada sesuatu yang bisa didapat setelah pekerjaan tersebut usai.

Baca Juga:   5 Tips Agar Kamu Bisa Kuasai Writing Bahasa Inggris

Tidak perlu hadiah yang besar dan mahal, kamu bisa memberikan reward dalam bentuk makanan, camilan, atau kesempatan menonton film, kok! Dengan begitu, waktu yang digunakan untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan pun, menjadi lebih efisien.

4. Jangan terlalu memaksakan diri untuk menghabiskan waktu dengan belajar

Hal lain yang cukup penting untuk dilakukan agar fokus dan semangat saat belajar daring adalah tak memaksakan diri untuk terlalu banyak mengerjakan tugas. Hal tersebut justru dapat memengaruhi mood belajar dan mengakibatkan munculnya rasa tertekan serta stres.

Kalau sudah demikian, kamu pun jelas akan kehilangan semangat dan motivasi untuk belajar kembali keesokan harinya karena perasaan negatif itu.

5. Beristirahat sejenak dan lakukan olahraga kecil untuk mengembalikan fokus serta membuat badan lebih rileks

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jangan memaksakan diri untuk terus belajar dan menyelesaikan tugas karena dapat memicu stres dan hilangnya motivasi belajar. Ketika jenuh, cobalah pergi ke halaman atau beranda depan untuk mencari udara segar!

Baca Juga:   Inilah 5 MINDSET yang Bisa Menghambat Kamu Untuk Berkembang

Cara ini bisa kamu pilih sebagai momen istirahat yang paling efektif untuk mengurangi beban pikiran yang dimiliki. Selain itu, kamu juga bisa melakukan olahraga sederhana untuk meningkatkan fokus, motivasi, dan produktivitas belajar.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

358 Total Views 1 Views Today

Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja

Bikin Polling di PollingKita.com, Informasi Lowongan Kerja di www.InfoKerja.net, Informasi Biaya di www.Biaya.info