5 Tips Mengasah Kemampuanmu Sebagai Copywriter


Bersama ini kami sampaikan informasi Artikel 5 tips mengasah kemampuanmu sebagai Copywriter, Berikut ini:

Copywriting yang baik penting dalam strategi pemasaran, karena dengan kemampuan copywriting yang baik akan bisa meyakinkan target pelanggan atas penawaran yang diberikan, mendorong konversi, sehingga dapat meningkatkan profitabilitas dan tujuan yang ingin dicapai perusahaan.

Susunan kata atau teks yang baik tidak hanya harus dapat meyakinkan calon konsumen namun juga mewakili brand image sehingga dapat memengaruhi proses pengambilan keputusan bagi konsumen yang membaca kalimat tersebut.

Karena itu, bila kamu ingin menjadi copywriter yang andal pastikan skill kamu di bidang copywriting benar-benar mumpuni. Bila ingin mengasah kemampuan di bidang ini, ada beberapa tips belajar copywriting yang bisa kamu tahu.

1. Tingkatan kemampuan literasi

Kunci utama dan pertama dalam belajar copywriting adalah komitmen untuk mau terus belajar. Salah satu cara untuk memulai adalah dengan perbanyak membaca. Beberapa contoh buku yang bisa kamu baca untuk meningkatkan kemampuan copywriting seperti, “The Adweek Copywriting Handbook” karangan Joseph Sugarman.

Baca Juga:   7 Kebiasaan Yang Pantang Banget Dilakuin Oleh Calon Orang Sukses

Selain dengan membaca buku seputar copywriting, kamu juga bisa membaca surat kabar, majalah, novel, atau blog dengan tema di luar copywriting. Dengan memperluas daftar bacaan, maka semakin baik pula kemampuan kamu nantinya untuk menghasilkan kata-kata yang menarik dan berdampak.

2. Belatih menulis secara konsisten

Agar kamu bisa mengasah kemampuan copywriting dengan maksimal, cobalah untuk secara aktif berlatih menulis terus menerus. Jadi bukan hanya sebatas membaca, kamu juga harus mengimplemenentasikan apa yang kamu baca menjadi sebuah tulisan.

Cobalah untuk menuangkan ide dengan menulis langsung dengan menggunakan pena dan kertas. Dengan melakukan ini kamu bisa menemukan gaya penulisanmu sehingga saat harus membuat diksi, kamu bisa dengan lebih mudah memproyeksikan ide dan suara di dalam pikiran ke dalam tulisan.

3. Buatlah swipe file

Tidak hanya menuangkan ide yang ada di kepala, kamu juga bisa menuliskan kata-kata menarik dari iklan-iklan yang menarik perhatian kamu di atas kertas dan mengumpulkannya ke dalam sebuah swipe file.

Swipe file adalah sebutan untuk kumpulan kalimat yang menurutmu menarik dan benar-benar berhasil menggerakkan kamu sebagai audiensnya. Contohnya bisa berupa kumpulan headline yang menarik perhatian atau kata-kata pada iklan yang menurutmu menjual.

Baca Juga:   Lakukan! 5 Tips Buat Kamu Yang Ingin Membuat Teks Pidato Yang Kuat dan Persuasif

Kumpulkan semua ini dalam koleksi swipe file kamu lalu pelajari struktur, tujuan hingga penerapan teknik copywriting yang baik dan menarik. Kamu juga bisa menggunakan swipe file ini saat mencari ide dan inspirasi ketika harus membuat copywriting untuk sebuah kampanye.

4. Pelajari dan kuasai penulisan gaya persuasif

Seperti yang dijelaskan tadi, copywriting berperan dalam mendorong pembaca untuk melakukan tindakan tertentu. Itu sebabnya kamu harus mampu menulis kata-kata yang dapat memengaruhi tindakan pembaca.

Agar kamu mampu merancang kata-kata yang efektif dan mampu mendorong pembaca, kamu pun harus mempelajari dasar-dasar penulisan persuasif dengan benar. Beberapa strategi dalam penulisan persuasif yang perlu kamu pelajari seperti penggunaan repetisi, konsistensi, perbandingan, reasons why, storytelling dan lain-lain.

Baca Juga:   Masih Bingung Mau Pilih Jurusan Apa, Ini Petunjuknya

5. Kuasai dasar-dasar copywriting

Tidak cukup hanya mempelajari tulisan persuasif, hal yang tak boleh dilewatkan dalam belajar copywriting adalah menguasai kemampuan dasar copywriting itu sendiri. Beberapa kemampuan dasar dalam copywriting yang harus kamu pelajari seperti cara menulis headline, menulis proposisi nilai, landing page, email marketing, iklan dan naskah video.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

102 Total Views 1 Views Today

Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja

Bikin Polling di PollingKita.com, Informasi Lowongan Kerja di www.InfoKerja.net, Informasi Biaya di www.Biaya.info