5 Tips Sehat Bagi Kamu yang Sering “ZOOM MEETING” Saat WFH


Bersama ini kami sampaikan informasi Artikel 5 Tips Sehat Bagi Kamu yang Sering “ZOOM MEETING” Saat WFH Berikut ini:

Siapa yang mulai jenuh dan bosan dengan zoom meeting yang back to back seharian? Pandemi COVID-19 yang menyebabkan kita work from home (WFH), memang mau gak mau mengharuskan kita untuk bekerja secara virtual. Karena itu popularitas Zoom sebagai aplikasi video conferencing telah meroket.

Namun, karena jam terbang menatap layar yang terlalu sering, beberapa mungkin bisa sampai merasakan sakit pinggang, mual dan pusing. Sampai kini, belum bisa diprediksi sampai kapan kuliah online atau WFH akan berjalan. Karena itu, untuk meminimalisir dampak buruk zoom meeting yang terlalu lama bagi fisik dan mental, yuk terapkan beberapa tips sehat berikut!

1. Tata ruang kerja dengan pencahayaan dan jarak mata yang pas

Kamu bisa letakkan laptop di meja dekat jendela agar mendapat cahaya yang cukup. Atur pula tingkat kecerahan cahaya laptop atau ponsel kalau memang ruanganmu kurang terang. Saat menatap layar, pertahankan jarak pandang yang sehat yaitu minimal 60 cm untuk laptop dan 35 cm saat memakai ponsel.

Baca Juga:   5 Tips Belajar Efektif Khusus Buat Ekstrover

Agar mata gak mudah lelah, kamu juga bisa memasang screen protector untuk mengurangi radiasi dari pancaran layar laptop ke mata. Jangan lupa perbanyak makan sayur dan buah yang kaya vitamin A, demi menunjang kesehatan mata.

2. Pastikan kamu cukup minum air putih

Biasanya, demi melawan kantuk selama zoom meeting, segelas kopi menjadi menu wajib di meja. Karena diminum sedikit-sedikit, tanpa terasa sudah berjam-jam tubuh tak mengonsumsi air putih. Padahal kita membutuhkan 8 hingga 10 gelas air putih per hari.

Terpenuhinya kebutuhan cairan dalam tubuh mampu menjaga kesehatan ginjal dan mengeluarkan racun. Meski kamu hanya duduk, tubuh tetap perlu melakukan pergantian mineral.

3. Jangan lupa lakukan stretching setelah duduk lama

Menurut laman Healthline, penurunan rentang gerak bisa memicu otot tegang terutama pada bagian punggung. Itulah pentingnya melakukan stretching atau peregangan otot karena mampu melancarkan aliran darah dan mencegah sakit punggung.

Baca Juga:   6 Habbit Positif Mahasiswa Luar Negeri Saat Kuliah

Selain baik untuk fisik, gerakan stretching juga bisa menurunkan tingkat stres, meredakan otot tegang, meningkatkan kualitas tidur dan membuatmu lebih rileks, tutur laman Wellness Corporate Solutions.

4. Keluar dari ruangan beberapa menit untuk me-refresh pikiran

Cara ini penting untuk mengembalikan fokus kamu yang mulai menurun. Kamu bisa keluar ruangan sambil menggerak-gerakkan tubuhmu yang kaku setelah duduk lama. Hirup udara segar dan tatap dunia luar. Selingi meeting virtualmu dengan ngobrol santai bersama keluarga di rumah, juga baik untuk mentalmu.

5. Lebih baik buat catatan di buku daripada tab baru pada layar

Kuliah online misalnya, mendengarkan penjelasan dosen lewat zoom meeting juga perlu konsentrasi, kan? Supaya lebih paham, kamu bisa mencatat poin-poin penting materi kuliahmu dalam buku catatan. Cara ini lebih baik daripada mengetiknya pada tab baru, sebab catatan dalam kertas, bisa kamu baca kembali dimana pun tanpa perlu menyalakan laptop.

Baca Juga:   5 Hal yang Bisa Kamu Gunakan Ketika Menunggu Waktu Gap Year

Daripada pindah-pindah layar tab, kamu bakal lebih memahami isi materi dengan fokus mendengarkan lalu mencatatnya dengan tangan. Cara ini juga tentunya mengurangi durasi waktu terpapar radiasi layar laptop lebih lama.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

77 Total Views 3 Views Today

Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja

Bikin Polling di PollingKita.com, Informasi Lowongan Kerja di www.InfoKerja.net, Informasi Biaya di www.Biaya.info