Hindari! 7 Tips Hilangkan Rasa Takut Ketika Speaking Bahasa Inggris


Bersama ini kami sampaikan informasi Artikel “7 Tips Hilangkan Rasa Takut Ketika Speaking Bahasa Inggris”, Berikut ini:

Bahasa Inggris adalah bahasa global yang perlu kita kuasai untuk menjawab tantangan zaman. Karena itu, kita dituntut memahaminya lewat menulis (writing), membaca (reading), dan berbicara (speaking).

Yang terakhir disebut barangkali jadi momok bagi sebagian orang. Alasan seperti takut salah atau orang lain tidak paham bisa jadi penyebabnya. Padahal, ini gak boleh dibiarkan supaya kemampuan kita tetap meningkat, lho! Berikut tips menghilangkan rasa takut saat speaking.

1. Hilangkan rasa segan atau takut dikomentari orang lain

Barangkali, kamu merasa lawan bicaramu lebih pandai daripada dirimu sendiri. Lantas, kamu jiper karena tidak bisa mengimbangi kemampuannya. Kamu takut akan disalahkan atau dikomentari dengan ucapan yang tidak mengenakkan hati.

Hey, pikiranmu itu belum tentu benar, lho! Siapa yang bilang temanmu akan mengomentari seperti itu? Jika takut karena alasan ini, kamu tidak akan pernah mencoba speaking untuk selamanya. Kemampuanmu juga stagnan di situ-situ saja.

Kalaupun lawan bicaramu memang jago bahasa Inggris, justru ini momen yang tepat untuk saling sharing dan memberikan masukan. Kamu bisa berguru padanya. Dia pun berbagi ilmunya. Intinya, jangan takut salah karena kamu bisa belajar dari kesalahan.

Baca Juga:   Ayo Kuliah Di Kelas Karyawan, Ini 4 Keuntungannya

2. Buang jauh-jauh anggapan kalau orang berbahasa Inggris itu arogan atau sombong

Mungkin, kamu pernah melihat seseorang yang mempraktikkan bahasa Inggris dan mendapatkan komentar miring dari orang sekitarnya, seperti dianggap sok British, tidak merakyat, sombong karena lebih kemampuan bahasanya lancar, dan sebagainya.

Anggapan itu mungkin berlaku pada situasi dan konteks tertentu. Namun, bagi kamu yang ingin memperdalam kemampuan speaking, hal tersebut jangan diambil hati!

3. Jangan terbebani masalah grammar atau kosakata yang terbatas. Los aja deh ngomongnya!

Ketika kamu mulai berbicara, lupakanlah masalah grammar atau kosakata yang terbatas! Terlalu memikirkannya justru membuatmu tak kunjung memulai kata pertamamu. Kamu juga bisa terlalu lama merespons percakapan atau situasi.

Biarlah masalah grammar dan kosakata ini dipelajari sambil berjalan! Jika kata-katamu mulai tersendat pada bagian tertentu, catat dan mulailah melakukan pencarian untuk mengoreksinya di waktu lain!

4. Rajin mempraktikkan speaking dengan teman-temanmu dalam suasana yang menyenangkan

Belajar speaking itu tidak harus dalam suasana yang formal atau dengan bahasan yang kompleks. Kamu bisa saja melakukannya di sela-sela jam istirahat atau saat bermain bersama.

Baca Juga:   5 Tipe Rekan Kerja yang Sebaiknya Dihindari

Topik yang diperbincangkan juga simpel saja, misalnya, musik, film, berita artis, sampai kegiatan selama pandemik. Meski sederhana, topik seperti ini malah bisa memantik diskusi panjang. Bahkan, ketika kamu bertemu orang asing atau native speaker, hal ini bisa jadi awal perkenalan yang baik.

5. Jika tidak ingin dikomplain saat speaking, jangan komplain orang lain juga. Sebaliknya, beri apresiasi pada mereka

Cobalah untuk tidak mengeluhkan bahasa Inggris temanmu saat ia giliran berbicara! Sebaliknya, apresiasilah karena ia sudah berani berbicara! Dengan demikian, kamu akan diperlakukan seperti itu juga.

Kalau perlu, buat semacam hadiah kecil-kecilan setiap kamu dan temanmu speaking. Apresiasi semacam ini pasti membuat kalian bersemangat berbicara dengan bahasa Inggris setiap saat.

6. Jujur saja jika ada kata atau hal yang tidak kamu pahami

Jika di tengah pembicaraan ada kata atau maksud yang tidak kamu pahami, jangan sungkan mengatakannya. Tak apa jika kamu mendadak mengubah bahasamu kembali ke bahasa Indonesia.

Baca Juga:   6 Langkah Menulis Artikel Ilmiah yang Sistematis

Belajar bahasa Inggris sejatinya tak hanya soal memahami kata per kata. Ini juga melibatkan konteks tertentu yang tak dapat diartikan secara harfiah. Karenanya, wajar saja jika ada yang kurang kamu pahami. Bertanyalah dan ingat kembali untuk pembelajaran yang mendatang!

7. Yang paling penting, jadilah nyaman!

Sejujurnya, bukan grammar dan segala peraturan bahasa Inggris yang membatasi keberanianmu. Ini adalah soal kenyamanan. Sejauh mana kamu percaya diri untuk berbicara?

Kalau nyaman, kamu pasti tak akan menghiraukan komentar orang lain. Jika nyaman, kamu tak akan menjadikan aturan berbahasa sebagai palang untuk menghentikanmu. Kamu hanya punya niat dan rasa percaya kalau orang pasti paham akan maksudmu.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

125 Total Views 2 Views Today

Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja

Bikin Polling di PollingKita.com, Informasi Lowongan Kerja di www.InfoKerja.net, Informasi Biaya di www.Biaya.info