Lakukan! 5 Cara Untuk Kamu Menjawab Pertanyaan Ketika Presentasi di Kelas


Bersama ini kami sampaikan informasi Artikel 5 Cara Untuk Kamu Menjawab Pertanyaan Ketika Presentasi di Kelas, Berikut ini:

Saat ini presentasi sudah menjadi bagian penting dalam banyak bidang sebagai salah satu bentuk komunikasi yang dilakukan di depan umum. Tak terkecuali dalam lingkungan sekolah atau perguruan tinggi, presentasi sudah sering dilakukan untuk menampilkan hasil tugas, hasil karya dan lain sebagainya.

Nah, momok yang paling ditakutkan saat presentasi adalah ketika harus menjawab pertanyaan dari para peserta atau audiens. Nah, supaya kamu tidak gugup dan kebingungan saat menjawab pertanyaan, coba deh pahami dan terapkan lima cara berikut.

1. Jangan tergesa-gesa dalam menjawab pertanyaan

Berusahalah untuk tetap tenang ketika mendengar pertanyaan dari audiens, meski pertanyaan itu terdengar sulit. Jangan pula tergesa-gesa untuk menjawab pertanyaan hanya karena takut dianggap tidak menguasai materi yang dipresentasikan.

Lebih baik tidak langsung menjawab daripada menjawab langsung namun banyak kesalahan yang diucapkan. Tenangkan hati dan coba simak kembali pertanyaaan yang diajukan serta pikirkan jawaban yang paling cocok atau mendekati.

Baca Juga:   5 Tips yang Dapat Mengurangi Gangguan Agar Kamu Lebih Fokus Dalam Bekerja

2. Catat dan kumpulkan dulu semua pertanyaan yang diajukan

Jika ada beberapa pertanyaan yang diajukan oleh audiens atau mungkin dari lebih dari satu auidens, maka sebaiknya catat dan kumpulkan dulu semua pertanyaan yang ada. Jangan terburu-buru untuk menjawab langsung semua pertanyaan sekaligus.

Hal ini penting agar kamu bisa memilih dan menentukan mana jawaban yang perlu disiapkan terlebih dahulu. Yang tak kalah penting juga untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi akibat tidak teliti terhadap pertanyaan yang telah diajukan.

3. Sebaiknya jawab dulu pertanyaan yang jawabannya paling mudah atau yang paling dikuasai

Umumnya presentasi yang dilakukan memakan waktu tertentu dan juga punya batas waktu dalam melakukan presentasi dan sesi tanya jawab. Nah, supaya tidak memakan waktu yang terlalu lama, kamu perlu membagi waktu sebaik mungkin agar dapat menjawab semua pertanyaan dari audiens.

Baca Juga:   Alasan Kenapa Kamu GAK BOLEH Berharap Pada Keberuntungan

Caranya? Kamu bisa mulai menjawab pertanyaan audiens yang jawabannya paling mudah atau yang jawabannya paling kamu kuasai. Meski sudah mempersiapkan materi presentasi dengan baik, mungkin masih ada hal-hal yang terlewat sehingga agak kesulitan dalam menjawab pertanyaan. Namun, cobalah jawab dulu semampumu sesuai materi yang telah kamu pahami dengan baik.

4. Apabila ada tim atau kelompok, bagilah tugas untuk menjawab pertanyaan sesuai kemampuan masing-masing anggota

Presentasi tentu tidak selalu dilakukan seorang diri. Terkadang presentasi juga bisa dilakukan beberapa orang secara bergantian apabila sudah dibentuk suatu tim atau kelompok.

Tak hanya saat mempresentasikan materi saja, saat menjawab pertanyaan pun ada baiknya setiap anggota membagi-bagi pertanyaan tersebut untuk dijawab. Nah, untuk pembagian pertanyaan yang dijawab pun boleh dibagi berdasarkan kemampuan, tingkat pemahaman atau tingkat penguasaan materi dari masing-masing anggota.

5. Jangan pernah lupakan etika dan sopan santun saat sedang menjawab pertanyaan

Cara ini mungkin terlihat sepele namun sangat penting sekali untuk diperhatikan. Ya, jangan pernah lupakan cara yang baik, beretika dan sopan saat hendak menjawab pertanyaan dari audiens.

Baca Juga:   5 Alasan Kamu Harus Aktif Berorganisasi

Seandainya kamu tidak bisa menjawab pertanyaan dari audiens, sampaikan dengan jelas dan sopan alasan kenapa kamu belum bisa menjawab pertanyaan tersebut. Bukankah cara ini lebih baik daripada kamu tahu jawaban yang perlu diucapkan namun dilakukan tanpa etika dan sopan santun?

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

203 Total Views 4 Views Today

Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja

Bikin Polling di PollingKita.com, Informasi Lowongan Kerja di www.InfoKerja.net, Informasi Biaya di www.Biaya.info