Lakukan! 5 Hal Yang Akan Memantaskan Kamu Mendapatkan Beasiswa


Bersama ini kami sampaikan informasi Artikel ” 5 Hal Yang Akan Memantaskan Kamu Mendapatkan Beasiswa”, Berikut ini:

Kuliah ke luar negeri memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, namun bukan berarti kesempatan untuk berkuliah keluar negeri tidak ada. Saat ini sudah banyak beasiswa yang tersedia dari dalam negeri maupun negara dimana tempat menempuh pendidikan.

Nah kamu bisa mengupayakan untuk mendapatkan beasiswa agar impianmu berkuliah diluar negeri bisa tercapai. Upaya dalam mendapatkan beasiswa tentunya perlu usaha yang keras agar diri kita pantas mendapatkannya. Oleh karena itu, kamu perlu nih melakukan lima hal ini agar beasiswa lebih dekat berada dalam genggamanmu.

1. Giat dalam mencari informasi

Pertamanya tentunya kamu harus mengetahui tentang pilihan dari universitas untuk berkuliah. Kamu harus mencari informasi seputar negara pilihan untuk berkuliah, universitas dan jurusan yang akan diambil, sharing seputar perkuliahan dengan alumni yang pernah kuliah di tempat tersebut. Hal ini akan sangat membantumu dalam mengambil keputusan dan mempersiapkannya dengan baik.

Baca Juga:   5 Kebiasaan yang Mampu Bentuk Mental Kamu Lebih Kuat

2. Membuat rencana dari jauh hari

Setelah menentukan akan kuliah dimana, kamu perlu menyiapkan segala berkas yang diperlukan. Berkas tersebut meliputi application formmotivation letterIELTScurriculum vitae, ijazah versi Indonesia dan Inggris, transkip nilai versi Indonesia dan Inggris, surat rekomendasi dari orang yang cukup kenal denganmu, rencana studi, letter of acceptance maupun paspor.

Susun schedule dalam menyiapkan satu persatu berkasnya agar tidak menumpuk mendekati batas waktu pendaftaran.

3. Mempersiapkan diri dengan jawaban saat wawancara

Wawancara menjadi bagian dalam serangkaian seleksi mendapatkan beasiswa. Pertanyaan yang biasanya ditanyakan meliputi rencana studi, menceritakan tentang diri, alasan memilih kampus beserta jurusan dan negaranya, alasan melanjutkan S2 dan kaitannya dengan karier saat ini, rencana riset studi dan alasan pengambilan topik dan alasan kenapa kamu layak untuk mendapatkan beasiswa.

Baca Juga:   Program Beasiswa Universitas Sangga Buana YPKP

Pastikan kamu menjawabnya dengan penuh rasa percaya diri, persiapan yang baik, dan meyakinkan tanpa keraguan.

4. Meminta review dengan mentor atau teman

Penting untuk memiliki mentor ketika hendak apply beasiswa. Hal ini berguna agar berkasmu dapat dinilai oleh mentor yang berpengalaman untuk mendapatkan feedback sehingga mengetahui jika ada kekurangan. Selain itu kamu juga dapat berlatih mempersiapkan jawaban wawancara untuk seleksi dengan mentormu tersebut.

5. Mengecek ulang berkas dan berlatih

Setelah berkas sudah dipersiapkan semuanya dan hendak melakukan apply, pastikan kamu mengecek ulang untuk menghindari kesalahan kecil. Mengecek berulang kali juga perlu dilakukan untuk memastikan semua sesuai dengan ketentuan yang dibutuhkan dalam persyaratan mendapat beasiswa.

Baca Juga:   Master Scholarships for International Students, Örebro University, Sweden

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

195 Total Views 5 Views Today

Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja

Bikin Polling di PollingKita.com, Informasi Lowongan Kerja di www.InfoKerja.net, Informasi Biaya di www.Biaya.info