Tips Sukses Bekerja sambil Kuliah S2


tips sukses bekerja sambil kuliah s2
Pusatinformasibeasiswa.com – Bagi anda yang sudah bekerja, tentu saja akan terdapat berbagai aktivitas kerja yang harus diselesaikan, bahkan aktivitas lainnya seperti kegiatan bersama teman, olahraga, pertemuan organisasi juga turut menjadi bagian dalam kehidupan anda. Nah, bagaimana jika anda ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan pascasarjana? Apakah masih ada waktu? Ya, kebanyakan para profesional yang telah meniti karir mungkin akan berpikir dua kali jika harus melanjutkan kuliah pascasarjana, sebagian besar berpikir bahwa mereka tidak memiliki waktu untuk kuliah lagi. Apalagi bekerja dan kuliah merupakan dua kegiatan yang membutuhkan konsentrasi dan tanggung jawab yang fokus dalam menjalaninya.

Tips Sukses Bekerja sambil Kuliah S2

Baca juga:

Baca Juga:   BEASISWA S2 OXFORD UNIVERSITY TAHUN 2018-2019 FULLY FUNDED

Sebenarnya, ada banyak juga teman-teman kita yang tetap sukses dalam meniti karir sekaligus menyelesaikan studi S2 dengan nilai memuaskan. Berikut ini, Pusatinformasibeasiswa.com merangkum tips-tips bermanfaat yang dapat anda lakukan supaya dapat membagi waktu dengan baik antara kuliah sambil bekerja. Berikut ulasannya.

1. Komunikasikan kepada atasan kantor

Saat anda memutuskan untuk melanjutkan studi alias kuliah lagi, anda juga sewajibnya menjalin komunikasi yang baik dengan atasan. Informasikan kepada atasan anda bahwa saat ini anda juga sedang mengambil kuliah S2, sehingga apabila sewaktu-waktu ada jadwal kuliah dan kerja yang bentrok, anda dapat berkompromi dengan atasan tersebut.

2. Membuat jadwal kantor dan kampus

Dengan membuat jadwal, anda akan lebih tertolong dalam membagi waktu antara urusan kantor dan kampus. Selain itu dengan membuat jadwal, anda akan lebih mudah dalam mengingat hari penting yang tidak boleh dilewatkan, seperti waktu ujian di kampus atau jadwal pertemuan penting di tempat kerja.

Baca Juga:   S2 Magister Ilmu Teknik Sipil Universitas Indonesia UI

3. Membuat Daftar Pengeluaran

Bagi anda yang kuliah S2 dengan biaya sendiri, anda harus bijak dan pintar dalam mengatur keuangan. Sisihkan uang untuk membayar biaya kuliah terlebih dahulu beserta pengeluaran yang anda butuhkan lainnya.

4. Jaga kondisi tubuh

Agar tidak mudah sakit, anda harus pintar mengatur pola makan dengan baik. Memang nasihat ini sering sekali kita dengarkan, tetapi hal ini memang benar. Jika anda termasuk orang yang jarang makan, lambat laun anda akan terkena penyakit gastritis atau peradangan lambung yang membuat perut terasa nyeri bahkan kepala terasa pusing. Tentu saja hal ini akan mengganggu aktivitas anda yang padat tersebut. Konsumsilah makanan yang bergizi dan jangan lupa minum vitamin. Anda juga dapat mengonsumsi jus atau buah agar tubuh tetap sehat dan terjaga staminanya.

5. Fokus

Baca Juga:   Program S1 Akuntansi STIE Ahmad Dahlan (STIED) Jakarta

Menjalani kedua aktivitas kerja dan kuliah secara bersamaan memang berat. Oleh karena itu, dibutuhkan usaha yang keras pula supaya dapat mencapai hasil yang maksimal. Untuk mengurangi rasa lelah yang berlebihan, anda dapat mengurangi kegiatan-kegiatan yang kurang penting dan tidak mendesak, misalnya yang biasanya karaoke dengan teman-teman setiap 1 minggu sekali bisa dikurangi frekuensinya menjadi 2 minggu bahkan 3 minggu sekali. Anda harus tetap fokus dalam menjalani aktivitas yang menjadi prioritas, apalagi jika anda menargetkan untuk lulus S2 tepat waktu.

Demikian tips sukses bekerja sambil kuliah S2 yang dapat anda terapkan. Semoga bermanfaat.

423 Total Views 0 Views Today

Bikin Polling di PollingKita.com, Informasi Lowongan Kerja di www.InfoKerja.net, Informasi Biaya di www.Biaya.info