Wajib tahu! 5 Tips Dalam Memilih Kampus di Luar Negeri


Bersama ini kami sampaikan informasi Artikel 5 Tips Dalam Memilih Kampus di Luar Negeri, Berikut ini:

Siapa sih yang gak pengin mendapatkan pendidikan setinggi mungkin, ya, gak? Pendidikan dipercaya mampu memberikan hal baik untuk kehidupan manusia. Gak cuma teori, pendidikan pun mampu membentuk karakter seseorang, lho.

Salah satu jenjang pendidikan yang dianggap penting adalah perkuliahan. Dari situlah, manusia bisa lebih mendalami mengenai hal yang ia minati, mulai secara teori maupun praktiknya.

Gak melulu di dalam negeri, banyak orang yang memutuskan untuk melanjutkan pendidikan kuliahnya di luar negeri. Sayangnya, kuliah di luar negeri membutuhkan persiapan yang matang. Berikut tips memilih kampus di luar negeri biar cocok denganmu!

1. Pilih negara dengan sistem pendidikan terbaik

Salah satu pertimbangan yang wajib kamu pikirkan adalah menentukan negara tujuanmu melanjutkan pendidikan. Tak boleh asal memilih, pastikan negara yang kamu pilih memiliki sistem pendidikan yang baik.

Dengan begitu, kamu tak akan sia-sia pergi jauh ke luar negeri untuk belajar. Beberapa negara dengan sistem pendidikan terbaik saat ini adalah Finlandia, Denmark, Rusia, Inggris, dan Amerika Serikat. Kalau kamu pengin yang di Asia, pilih Jepang atau Korea Selatan.

Baca Juga:   Nih 5 Kegiatan Produktif Yang Bikin Hidup Lebih Berkualitas!

2. Kejar program studi yang kamu minati

Setiap orang memiliki minat program studinya masing-masing. Nah, hal ini juga bisa jadi dasar kamu memilih kampus di luar negeri. Pastikan universitas impianmu menyediakan program studi yang kamu minati.

Lakukan riset terlebih dahulu dengan lengkap. Pilih program studi dengan pertimbangan yang tepat. Jangan memaksakan diri memilih program yang tidak kamu sukai. Itu bisa menjadi beban selama kamu belajar di sana. Sayang banget, kan?

3. Pertimbangkan bahasa pengantar kuliah

Selanjutnya adalah bahasa pengantar yang digunakan saat proses pembelajaran. Meski terlihat sepele, ini bisa mempengaruhi pemahamanmu selama berkuliah, lho. Pilih negara dengan bahasa yang sudah kamu kuasai sebelumnya.

Baca Juga:   5 Pengalaman yang Tidak Menyenangkan akan Mendewasakanmu

Misalnya, kalau kamu andal dan percaya diri dengan bahasa inggris, pilih negara dengan bahasa tersebut. Namun, bukan berarti kamu tak boleh memilih negara dengan bahasa lainnya. Biar lebih mantap, kamu bisa mengambil kursus bahasa terlebih dahulu, ya.

4. Ketahui metode dan kurikulum yang ditawarkan

Metode dan kurikulum yang ditawarkan universitas sangat perlu kamu pertimbangkan. Setiap negara cenderung memiliki kurikulum yang berbeda-beda. Misalnya di Eropa, mereka mengedepankan kemandirian mahasiswa sehingga kamu dituntut untuk lebih proaktif.

Berbeda lagi kalau di Amerika Serikat yang lebih menuntutmu untuk banyak membaca dan belajar materi sendiri. Sementara, Australia menggabungkan kurikulum Eropa dan Amerika Serikat sehingga lebih menantang lagi.

Ketahui pula mengenai lama durasi kuliah normal di sana, mata kuliah apa saja yang wajib kamu ambil, sampai syarat kelulusan yang harus diselesaikan. Dengan begitu, kamu bisa tahu mana yang cocok buatmu.

5. Cari tahu biaya kuliah rata-rata

Tak kalah penting dengan lainnya, biaya kuliah juga wajib kamu pertimbangkan, lho. Bisa dibilang ini yang menjadi penentu negara dan universitas mana bakal jadi tempatmu belajar nantinya. Pastikan pilihanmu sesuai dengan bujet agar tidak terjadi hal buruk di tengah jalan.

Baca Juga:   Susah Menguasai Bahasa Asing? Ini Hal yang Harus DiHindari!

Berbeda lagi kalau kamu menggunakan beasiswa karena biasanya hampir seluruh biaya hidup akan ditanggung. Mulai dari uang kuliah sampai kebutuhan sehari-hari. Spesialnya lagi, pilihan beasiswa sekarang makin beragam sehingga kamu wajib mencobanya.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

233 Total Views 2 Views Today

Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja

Bikin Polling di PollingKita.com, Informasi Lowongan Kerja di www.InfoKerja.net, Informasi Biaya di www.Biaya.info