Beberapa Program Beasiswa di Inggris

UoDMP7wjHG Inggris menjadi salah satu negara yang baik hati bagi para pelajar internasional. Melalui berbagai program beasiswa, pemerintah Inggris memberi kesempatan pelajar internasional menempuh studi sarjana dan pascasarjana secara gratis.

Jika tertarik untuk bersekolah di Inggris melalui jalur beasiswa, berikut beberapa lembaga pemberi beasiswa di negara Ratu Elizabeth seperti dilansir laman Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI London, Rabu (13/3/2013). Untuk informasi lebih lengkap, silahkan klik huruf-huruf yang bercetak tebal:

1. Chevening Scholarship 

Beasiswa ini disponsori oleh Pemerintah Inggris melalui Kantor Kementerian Luar Negeri (Foreign and Commonwealth Office atau FCO). Beasiswa akan diberikan untuk jenjang S-2 (Master) selama satu tahun di universitas atau institusi pendidikan yang berada di Inggris Raya.

Sebagai penerima beasiswa Chevening, kita akan mendapatkan fasilitas biaya hidup, biaya kuliah, dan tiket pulang pergi.


2. British Council

Klik laman British Council atau www.educationuk.org untuk informasi lengkap tentang beasiswa ini.

3. Beasiswa Jardine Foundation 

Beasiswa ini dikhususkan untuk peminat Cambridge University atau Oxford University. Mereka yang melamar harus berusia di bawah 25 tahun. Sejak 1982, beasiswa ini telah membiayai lebih dari 100scholar, termasuk dari Indonesia. Informasi lengkap bisa disimak di laman Jardine Foundation. Untuk program Jardine Scholarship Award 2013 informasinya bisa dilihat melalui website ini.

4. Beasiswa DIKTI (DGHE Scholarship)

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan membuka pendaftaran beasiswa penuh S-2 dan S-3 ke luar negeri bagi para dosen tetap PTN, dosen DPK dan dosen tetap yayasan (PTS) di lingkungan Kemendikbud.

Bagi yang berminat melamar beasiswa tersebut, silakan mendaftar secara online melalui laman Ditjen Dikti Kemendikbud.

5. Beasiswa Unggulan (High Achiever Scholarship)

Program beasiswa ini diberikan kepada putra-putri terbaik bangsa Indonesia dan mahasiswa asing terpilih. Mereka yang melamar haruslah memiliki potensi dan prestasi pada bidang ilmu sesuai rumpun keilmuan yang diakui Kemendikbud.

Informasi lebih lanjut, silahkan klik website via laman Biro Perencanaan Kerjasama Luar Negeri (BPKLN) Kemendikbud dan via laman Ditjen Dikti Kemendikbud

6. UK Scholarship Information

Banyak website yang menyediakan informasi beasiswa di Inggris, di antaranyahttp://www.postgraduatestudentships.co.uk/, dan http://www.scholarshipsearch.org.uk/.

7. Beasiswa Scholarship Program for Strengthening the Reforming Institution (Spirit) 

Beasiswa yang dikelola Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) ini diperuntukkan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan seleksinya diselenggarakan tiap tahun. Selain beasiswa S-2 dan S-3 dalam dan luar negeri, ada juga program beasiswa non-gelar.

8. Beasiswa Islamic Development Bank (IDB)

Beasiswa ini diperuntukkan bagi pelajar di bidang Applied Science and Technology yang berasal dari negara anggota IDB. Ada tiga skema beasiswa yang disediakan IDB, namun yang berlaku bagi warga negara Indonesia adalah Beasiswa Merit Scholarship Programme for High Technology (MSP).

Laman Atdikbud KBRI London memuat informasi lengkap beserta cerita pengalaman penerima beasiswa ini di University of Nottingham.

9. Beasiswa Open Society Institute (OSI)

Sarjana Indonesia bisa kuliah tingkat Master di Inggris melalui beasiswa OSI ini. Simak informasi lengkapnya di website OSI mengingat kerjasama atau peluang universitas tiap tahun berbeda.

10. Beasiswa ke Universitas Oxford untuk Pelajar Indonesia

Informasi lengkap bisa disimak di laman Atdikbud KBRI London. 

11. Beasiswa ke University of East Anglia untuk Pelajar Indonesia

Beasiswa untuk mahasiswa Indonesia diberikan pada program Undergraduate, Taught Postgraduatedan Research Postgraduate.

12. Informasi beasiswa lainnya

 European Business School London, International Scholarship Competition.

– Cardiff School of Bioscience, program doktor dalam studi kanker. 

– University of St Andrews, Computer Science Subject Based Scholarship.

– Grup Pejuang Beasiswa di Dalam dan Luar Negeri untuk WNI.

678 Total Views 2 Views Today

Mungkin Anda Tertarik

  • Beasiswa Itu Gampang Diraih Kok… Beasiswa itu gampang. Wah, kelihatannya enteng sekali mengatakannya. Namun, ini justru menjadi keyakinan Ratnasari Dewi setelah perjalanan panjang meraih beasiswa. Kuncinya, meski sudah […]
  • Inilah 8 Beasiswa yang Diperuntukkan bagi WNI Melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 atau S3 diminati banyak orang. Banyak orang yang ingin meraih lebih banyak ilmu dengan terus bersekolah. Untuk melanjutkan pendidikannya ke tingkat S2 […]
  • 4 Jenis Beasiswa Studi ke Belanda Ingin melanjutkan studi ke Belanda? Jawabnya, "banyak jalan menuju Roma". Selain dengan biaya sendiri, cita-cita untuk melanjutkan studi di Negeri Kincir Angin itu bisa diperoleh dengan […]
  • BEASISWA PENUH KULIAH S1, S2, PHD DI LUAR NEGERI 2016 1. Beasiswa Penuh Master Teori Fisika Kanada 2016, University of Waterloo Beasiswa mencakup: - Akomodasi - Biaya hidup - Biaya kuliah - Asuransi kesehatan - Buku dan materi untuk […]
  • Siapa Mau: Tips Beasiswa Keluar Negeri Dg IPK dan Bahasa Inggris Pas-pasan.. Ada yang merasa kemampuan bahasa Inggris-nya kurang, Skor TOEFL-nya nggak mencukupi, takut kuliahnya mahal, nggak punya biaya. Mau ikut tes beasiswa minder dengan pesaing-pesaing lain yang […]
  • STRATEGI MENEKAN BIAYA KULIAH Sebentar lagi adalah tahun ajaran baru bagi mereka yang baru masuk ke sekolah tinggi, entah itu sekolah tinggi, akademi, institut atau apa pun. Beberapa dari Anda yang memiliki anak umur […]