Kamu Suka Menyontek Ketika Ujian? Berikut 5 Dampak yang Terjadi Padamu


Bersama ini kami sampaikan informasi Artikel 5 dampak jika kamu suka menyontek, beikut ini:

Pernah melihat orang menyontek atau pernah melakukannya juga? Mungkin saat ini kamu akan menganggap remeh hal sepele semacam itu, namun lama kelamaan kamu akan sadar bahwa menyontek itu bisa membawa dampak  yang cukup besar bagi kehidupan.

Dampak yang ditimbulkan adalah dampak buruk, sesuai dengan apa yang dilakukan karena menyontek saat ujian sama saja menyalahi aturan yang sudah ditetapkan. Berikut ini ada lima dampak buruk yang akan terjadi jika kamu menyontek saat ujian, yakin tidak mau berhenti?

1. Hilangnya rasa percaya pada diri sendiri

Pada dasarnya, perilaku menyontek bertujuan untuk mempermudah kamu dalam menyelesaikan soal demi soal. Sadar atau tidak, perilaku tersebut menegaskan bahwa kamu tidak memiliki rasa percaya diri untuk mengisi jawaban sehingga mau tidak mau harus bertindak curang.

Baca Juga:   Untuk Mahasiswa! 5 Cara Efektif Hilangkan Stres Saat Perkuliahan

Selain melanggar peraturan sekolah, menyontek bisa membawa kebiasaan yang begitu buruk bagi diri kamu sendiri. Kehilangan percaya diri bukan perkara mudah, mengembalikannya tidak semudah yang kita bayangkan.

2. Kamu akan kesusahan dalam menyelesaikan permasalahan diri sendiri

Mengapa harus ada perilaku menyontek? Well, karena kamu tidak bisa menyelesaikan apa yang sedang kamu kerjakan sehingga mencari jawaban dari teman maupun dari buku yang sudah disediakan sebelumnya.

Jika menyelesaikan soal demi soal saja tidak bisa, bagaimana kamu bisa menyelesaikan permasalahan kehidupan yang begitu rumit. Kebiasaan menyontek bisa terbawa hingga dewasa lho, kamu tidak boleh melakukannya secara terus menerus.

3. Kamu akan menjadi orang yang sangat malas belajar

Ketika kamu menyontek dan berhasil melakukannya berkali-kali, hal pasti yang akan terjadi pada dirimu adalah malas belajar terlebih dalam konteks menghafal karena kamu tidak perlu berpikir untuk mengerjakan soal.

Baca Juga:   15 Beasiswa Terbaik Di Belanda

Jadi, jangan menjadikan perilaku menyontek sebagai kebiasaan kamu pada saat ujian, dampak buruknya bisa terjadi pada diri kamu sendiri yang nantinya akan merusak masa depan kamu kelak.

4. Kamu membohongi nilai kamu sendiri, termasuk kedua orangtua kamu

Ketika kamu mendapatkan nilai bagus dari hasil menyontek, bukankah itu sama saja seperti membohongi nilai yang kamu dapatkan sekaligus orangtuamu?

Jadi, jangan biarkan kamu membohongi diri sendiri, nilai, guru, sekaligus orangtua kamu yang sudah bersusah payah membayar biaya sekolah selama ini.

5. Kemampuan tidak akan sesuai dengan nilai yang kamu dapatkan hasil dari menyontek

Jika nilai kamu bagus gara-gara hasil dari menyontek, apakah kemampuan kamu benar-benar bisa diandalkan? Tentu saja tidak. Kamu sama saja seperti memanipulasi kemampuan kamu yang sebenarnya tidak ada apa-apanya.

Baca Juga:   6 Cara Belajar Kebut Semalam agar Mudah Mengingat

Jika ingin mendapatkan nilai bagus, jangan mengambil jalur menyontek, tapi belajarlah dengan giat dan buktikan kepada semua orang bahwa nilai yang kamu dapatkan sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

157 Total Views 1 Views Today

Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja

Bikin Polling di PollingKita.com, Informasi Lowongan Kerja di www.InfoKerja.net, Informasi Biaya di www.Biaya.info