6 Tips Belajar Desain Grafis bagi Pemula


Bersama ini kami sampaikan Artikel 6 Tips Belajar Desain Grafis bagi Pemula, Berikut ini:

Belajar desain grafis bagi pemula sama seperti belajar hal-hal lain. Bedanya, dalam desain grafis, tidak ada tuntutan untuk menciptakan desain yang menarik karena keilmuan ini berkaitan dengan selera.

Meski demikian, di dunia kerja, selera desain tidak akan berlaku. Di dunia kerja, ada permintaan untuk menciptakan desain yang sesuai dengan keinginan klien. Entah itu dari segi warna, tipografi, dan ilustrasi.

1. Belajar dari sekitar

Percaya atau tidak, inspirasi setiap orang adalah apa yang ada di sekitar mereka. Teori ini pada akhirnya membentuk seorang desainer untuk membuat desain yang condong terhadap gaya desain tertentu.

Meski demikian, mencari inspirasi yang demikian cenderung sulit. Apalagi, bila kamu tidak memiliki lingkungan yang juga menyukai desain.

Baca Juga:   Tips Mencari Indekos Selama Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB)

2. Mengumpulkan desain yang menginspirasi

Hal pertama yang perlu kamu lakukan setelah memutuskan untuk belajar desain adalah mengumpulkan karya orang yang kamu anggap menarik. Ini bisa berasal dari banyak sumber, mulai dari Pinterest hingga Behance.

Penulis Austin Kleon dalam TEDx mengatakan bahwa, “Semua karya kreatif dibangun oleh apa yang terjadi sebelumnya.”

Dengan melakukan ini, kamu akan secara tidak langsung menginspirasi desain yang kamu buat di masa depan.

3. Membedah proses desain

Salah satu hal dasar dalam belajar desain grafis adalah membedah proses desain. Pasalnya, dalam setiap proses desain kamu akan belajar menggabungkan bentuk dan garis untuk membuat sesuatu.

Menganalisis proses di balik desain akan memungkinkan kamu untuk memahami langkah-langkah yang diperlukan untuk menghasilkan karya. Terus bedah setiap desain agar otot-otot kreatif kamu bekerja.

Baca Juga:   5 Tips Agar Kamu Bisa Kuasai Writing Bahasa Inggris

4. Spesifikasi pencarian 

Persoalan terbesar seseorang ketika memutuskan belajar desain grafis tanpa guru adalah saat mengalami kesulitan. Nah, beruntungnya ada mesin pencari yang akan membantu kamu saat akan mulai membuat desain sendiri.

Tips terbaik saat menggunakan mesin pencari adalah masukkan kalimat yang spesifik tentang apa kesulitan yang kamu hadapi.

5. Buat ulang desain yang menurut kamu terbaik

Setiap desain yang indah berawal dari banyak percobaan. Apabila kamu ingin belajar desain grafis, cobalah untuk membuat ulang desain orang lain. Lakukanlah hingga apa yang kamu buat mirip dengan yang orang lain buat.

Namun ingat prinsip adanya hak cipta. Dalam konteks ini, yang kamu lakukan adalah hanya mereka ulang karya orang yang kamu gemari. Kamu tidak memilki hak untuk menyebarkannya dan mengklaim itu adalah karyamu.

Baca Juga:   Ini Caranya Untuk Protes Gaji dengan Bos

6. Terima kritik dan saran

Karena berhubungan dengan selera, desain menjadi salah satu hal yang memiliki tolok ukur. Alih-alih terus membuat desain, cobalah untuk memamerkan desain kamu ke orang lain dan mintalah kritik serta saran.

Kritik dan saran akan membantu kamu untuk terus berkembang. Kritik dan saran juga akan membantu kamu untuk menilai desain dan gaya seperti apa yang diminati oleh banyak orang atau masyarakat luas.

SUMBER: glints

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

1628 Total Views 3 Views Today

Bikin Polling di PollingKita.com, Informasi Lowongan Kerja di www.InfoKerja.net, Informasi Biaya di www.Biaya.info