Lakukan! 5 Tips Buat Kamu Yang Ingin Membuat Teks Pidato Yang Kuat dan Persuasif


Bersama ini kami sampaikan informasi Artikel 5 Tips membuat teksn pidato yang kuat dan persuasif, Berikut ini:

Berpidato merupakan suatu bentuk kegiatan komunikasi yang dilakukan di depan orang banyak. Seorang pembicara atau orator melakukan kegiatan berpidato pasti mempunyai tujuan-tujuan tertentu antara lain untuk meyakinkan atau membujuk khlayak agar meyakini dan melakukan apa yang orator sampaikan. Orator yang hebat akan mampu memikat khalayak yang mendengarkan pidatonya. Tentunya perlu trik-trik khusus agar orator mampu memikat khalayak melalui pidato yang ia sampaikan.

Pidato persuasif yakni pidato yang bertujuan untuk membujuk, mengajak, meyakinkan, dan memengaruhi orang lain. Agar mampu berpidato persuasif, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan. Penulis yang merupakan guru di SMP Negeri 13 Balikpapan dan Fasilitator Daerah Tanoto Foundation, merangkum beberapa tips membuat teks pidato yang kuat dan persuasif.

1. Bagian-bagian pidato harus jelas

Sebuah pidato terdiri atas 3 bagian yakni pembukaan, isi, dan penutup. Pembukaan berisi salam pembuka, sapaan, dan ucapan rasa syukur. Salam pembuka tentunya disesuaikan dengan waktu dan latar belakang audien yang menjadi pendengarnya. Sapaan bertujuan untuk menghormati pendengar. Sapaan diberikan dengan menyebutkan orang yang jabatannya lebih tinggi terlebih dahulu.

Baca Juga:   5 Tips Mengasah Kemampuanmu Sebagai Copywriter

Isi pidato merupakan bagian penting karena mengandung inti dari hal yang akan disampaikan. Penutup pidato harus berisi penegasan dari apa yang ingin kita sampaikan, terutama mengulang kembali ajakan dan bujukan agar pendengar melakukan apa yang kita inginkan.

2. Gunakan kalimat yang efektif

Kalimat yang efektif dalam berpidato sangat perlu digunakan agar tidak terjadi salah paham atau miskomunikasi. Selain itu, dengan menggunakan kalimat yang efektif, tujuan kita untuk membujuk, meyakinkan, dan mengajak pendengar akan tercapai. Ciri kalimat efektif adalah adanya kesatuan gagasan atau ide, adanya kepaduan antarkalimat, kalimat yang digunakan logis/masuk akal, menggunakan kata-kata yang efisien/tidak berlebihan.

3. Isi pidato harus detail dan jelas

Isi pidato sebagai bagian yang paling penting harus disampaikan secara detail dan jelas. Orator harus menjelaskan secara detail dan jelas apa saja yang ingin disampaikannya kepada pendengar. Untuk meyakinkan pendengar, orator harus menyampaikan hal-hal yang membuat pendengar yakin terhadap apa yang ia sampaikan, misalnya alasan-alasan, bukti-bukti, dan manfaat yang akan diperoleh jika ajakannya tersebut diikuti oleh pendengar.

Baca Juga:   Kelas Karyawan Universitas Termurah Di Jakarta Tangerang Dan Bekasi

4. Menggunakan kata-kata atau kalimat ajakan

Inti dari pidato persuasif adalah meyakinkan, membujuk dan mengajak pendengar untuk melakukan apa yang disampaikan oleh orator. Untuk itu dalam menyampaikan pidatonya, orator harus menggunakan kata-kata atau ajakan-ajakan kepada pendengar, misalnya ayo, mari, segera, lakukan dan jangan lupa.

5. Gunakan pilihan kata yang tepat

Pilihan kata yang tepat akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan kita dalam membujuk, meyakinkan dan mengajak pendengar. Gunakan pilihan kata yang tepat sesuai usia, pengetahuan umum, dan latar belakang para pendengar. Selain itu, pertimbangkan juga tempat dan waktu di mana pidato itu disampaikan.

Selain siswa diberikan tugas untuk membuat teks pidato, guru juga mewajibkan siswa untuk menyampaikan teks pidatonya secara lisan melalui rekaman video. Dengan cara ini, siswa dapat berlatih berpidato secara maksimal karena dapat mengulang pidatonya seandainya hasil video belum memuaskan.

Baca Juga:   6 Cara Belajar Kebut Semalam agar Mudah Mengingat

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

143 Total Views 1 Views Today

Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja

Bikin Polling di PollingKita.com, Informasi Lowongan Kerja di www.InfoKerja.net, Informasi Biaya di www.Biaya.info