Lakukan! 5 Tips Meningkatkan Skill Listening


Bersama ini kami sampaikan informasi Artikel 5 Tips Meningkatkan Skill Listening, Berikut ini:

Dalam belajar berbahasa Inggris yang baik, kita selalu disarankan untuk tahu menulis atau bahkan mengucapakan vocabulary dengan tepat. Namun sering kali kita tidak dilatih untuk mengembangkan kemampuan listening yang kita miliki. Padahal dengan memiliki kemampuan listening yang baik, maka kalimat bahasa Inggris yang kita dengar bisa kita cerna maknanya dengan baik.

Nah, dari hal tersebut sangat jelas mengapa kemampuan listening itu penting. Walaupun kamu adalah pemula yang baru belajar bahasa Inggris, berikut ada lima tips jitu meningkatkan kemampuan listening-mu.

1. Pilihlah materi sesuai kapasitasmu

Nah, kamu sudah tahu dong bahwa tujuan kamu belajar listening adalah untuk meningkatkan kepekaanmu terhadap kosa-kata baru bahasa Inggris. Nah, makanya sangat penting untuk memilih konten audio yang sesuai dengan kapasitasmu.

Misalnya, kalau kamu masih dalam tahap basic, kamu bisa memulai dari cerita dongeng sederhana lalu masuk ke film dengan bahasa sederhana. Jika makin ahli masuk ke tahap podcast atau pidato bahasa Inggris.

Baca Juga:   Kebiasaan 'Menyebalkan' yang Sebenarnya Bisa Bikin Kamu Sukses

2. Jangan fokus menerjemahkan perkata

Pemilihan sikap dalam proses listening juga tidak kalah penting. Dalam tahap audio, sangat tidak disarankan untuk mengartikan kata demi kata sebab hal ini bisa menyebabkan ketinggalan percakapan lalu membuat konsentrasi terpecah.

Ya, memang benar kamu bisa melakukan pause dan mengulang untuk mengartikan satu kata yang tidak dimengerti. Padahal alangkah lebih baik dengarkan semua dulu secara keseluruhan. Pastinya kamu juga akan sedikit lebih paham maksud pembicaraan di dalam audio jika mendengarkan secara keseluruhan.

3. Fokus adalah kunci memaknai listening

Proses belajar listening menjadi sesuatu yang harus membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi. Hal ini harus diperhatikan dengan serius supaya belajar bahasa Inggris lewat media audio tidak sia-sia. Makanya carilah tempat yang nyaman dan tenang untuk kamu bisa fokus mendengarkan.

Baca Juga:   Alasan Kenapa Kamu GAK BOLEH Berharap Pada Keberuntungan

Selain menggunakan perangkat headset atau earphone, kamu juga harus mematikan notifikasi di ponsel agar tetap fokus dan tidak terganggu. Biasanya gawai merupakan pengganggu utama ketika melakukan kegiatan yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Maka merupakan keputusan yang cerdas jika menjauhkan hal disturb tersebut.

4. Jangan jadi passive listener

Salah satu kesalahan dalam meningkatkan kemampuan listening adalah hanya mendengar audio dan berakhir sampai disitu. Misalnya, dia hanya mendengarkan radio, rekaman atau bahkan podcat namun minim practical. Memang iya kamu mendengar namun harus juga kamu juga butuh speak up.

Makanya, kalau kamu habis mendengarkan audio bahasa Inggrismu maka lakukanlah practical. Seperti mengucapakan kalimat yang paling menyentuh atau quote bijak misalnya dari yang kamu dengar itu. Atau setidaknya practice dengan teman sejawat yang punya minat yang sama dalam belajar bahasa Inggris.

5. Jangan lupa menentukan learning goals

Dalam belajar listening, persiapan utama dalam mengasah keterampilan listening membutuhkan dua media yaitu video dan audio. Namun hal utama adalah learning goals-mu untuk apa dan sampai kapan. Sehingga jika kamu tahu tujuanmu kamu akan berani menyisihkan waktu yang tidak sedikit untuk fokus mengasah kemampuan listening-mu.

Baca Juga:   Lakukan! 5 Cara Untuk Kamu Menjawab Pertanyaan Ketika Presentasi di Kelas

Misalnya kamu ingin belajar bahasa Inggris melalui media audio cukup seminggu empat kali. Lalu yang lainnya untuk belajar writing atau speaking. Jadinya semuanya lancar. Kamu bisa speaking, kamu bisa listening dan writing. Jadi mantap deh bahasa Inggrismu.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

318 Total Views 4 Views Today

Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja

Bikin Polling di PollingKita.com, Informasi Lowongan Kerja di www.InfoKerja.net, Informasi Biaya di www.Biaya.info