Tips Mencari Indekos Selama Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB)


Bersama ini kami sampaikan informasi tips mencari indekos selama AKB, Berikut ini:

Pandemi COVID-19 memang tengah berlangsung, tetapi hidup harus terus berlanjut! Pada akhirnya, manusia dituntut untuk beradaptasi dengan perubahan kondisi lingkungan dan sosial. Tak terkecuali, buat kamu yang baru saja diterima di perguruan tinggi. Pasti sudah ketar ketir untuk mencari indekos, bukan? Selama stay at home, kamu bisa mulai mencari indekos, lho. Kami bakal berbagi tips mencari indekos selama wabah COVID-19.

Kita tak akan pernah tahu kapan pandemi COVID-19 akan berakhir. Oleh karena itu, kamu bisa mengisi waktu luang saat stay at home dengan mulai mencari indekos. Tak hanya kuliah, kamu pun bisa mencari indekos dari balik layar smartphone. Berikut ini panduan selengkapnya!

1. Pilih lokasi yang strategis, tetapi terapkan jarak aman

Dulunya orang-orang mencari indekos dengan patokan lokasinya yang strategis! Sebuah indekos dikatakan strategis jika lokasinya dekat dengan fasilitas umum, seperti rumah sakit, bank, pasar, banyak warung makan, dan fasilitas umum lainnya.

Baca Juga:   5 Tips Agar Kamu Bisa Kuasai Writing Bahasa Inggris

Kini, jika kamu masih khawatir dengan COVID-19, silakan untuk menghindari indekos yang lokasinya terlalu dekat dengan rumah sakit dan pasar yang menjadi pusat keramaian. Bukankah lebih baik memilih kawasan yang agak sepi daripada tempat ramai?

2. Perhatikan fasilitas indekos dengan teliti

Menurutmu, apa saja sih fasilitas indekos yang paling penting? Dengan adanya COVID-19, sangat penting untuk memperhatikan detail kamar indekos, lho. Jika akan memilih indekos, perhatikan tiga poin penting di bawah ini.

  • Memiliki ventilasi

Bagi beberapa tempat, indekos dengan jendela menjadi barang langka, apalagi kalau lokasinya berada di kota besar. Namun, siapkan bujet ekstra untuk mencari indekos dengan ventilasi kamar yang bagus. Pastikan ventilasi langsung keluar dan bukan di dalam ruangan ya.

  • Terdapat dapur
Baca Juga:   Tips Beasiswa Luar Negeri Yang Jarang Diketahui

Dapur menjadi poin yang mesti kamu pertimbangkan agar tidak perlu membeli makanan keluar. Kalau ada dapur, kamu bisa memasak makanan sehat setiap hari tanpa harus bertemu dengan banyak orang.

  • Cek daya listrik 

Jika indekos tidak memiliki fasilitas kulkas umum, kamu juga bisa membeli kulkas sendiri. Kulkas sangat diperlukan untuk menyimpan bahan makanan yang mudah busuk. Oleh karena itu, pastikan jika daya listrik indekos kuat untuk kulkas ya. Jangan sampai sudah keburu beli kulkas, tetapi listriknya tidak kuat lagi.

3. Cari indekos melalui aplikasi

Kini, mencari indekos tidak harus datang ke lokasi. Kamu bisa melakukan hunting indekos secara online, lho. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan aplikasi Mamikost dan aplikasi serupa lainnya. Kalau tidak, kamu bisa masuk grup indekos dan kontrakan di Instagram dan Facebook.

Grup indekos dan kontrakan ini biasanya sudah menyediakan informasi yang sangat lengkap. Silakan pilih beberapa indekos yang kamu incar dan lakukan survei saat wabah sudah berakhir. Proses hunting pun lebih bebas karena semua informasi sudah ditampilkan di postingan.

Baca Juga:   BEASISWA PENUH KULIAH S1, S2, PHD DI LUAR NEGERI 2016

4. Jangan lakukan transfer sebelum survei 

Nah, buat para maba jangan sampai menjadi korban akal bulus para penipu. Sebelum benar-benar melihat indekos secara langsung, jangan mau untuk mengirimkan uang DP ataupun uang indekos secara penuh. Banyak sekali kasus, kamu ditawari indekos murah dan mereka sudah meminta transfer DP. Setelah ditelusuri, ternyata indekos bodong.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

1929 Total Views 4 Views Today

Bikin Polling di PollingKita.com, Informasi Lowongan Kerja di www.InfoKerja.net, Informasi Biaya di www.Biaya.info