Kabar Gembira: Kartu Jakarta Pintar Bisa untuk Kuliah Gratis


Dinas Pendidikan DKI Jakarta tengah menyiapkan aturan untuk membiayai semua siswa sekolah menengah atas dan kejuruan dengan Kartu Jakarta Pintar. Setiap siswa Jakarta yang lulus dan diterima di perguruan tinggi negeri bisa kuliah gratis dengan kartu sakti itu.

“Kami akan membiayai semua anak Jakarta yang sekolah di universitas negeri sampai lulus sarjana,” kata Kepala Dinas Pendidikan Sopan Adrianto di Balai Kota, Senin, 18 Januari 2016.

Selama ini, kartu pintar tersebut memang hanya menanggung biaya pendidikan untuk siswa SD-SMA. Sedangkan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ingin semakin banyak siswa Jakarta yang kuliah, bahkan di universitas negeri ternama di seluruh Indonesia.

Baca Juga:   Beasiswa Dosen PTKI 2020 oleh LPDP dan Kementerian Agama, Deadline 6 NOVEMBER 2020

Dinas akan mendata semua anak Jakarta yang lulus SMA tahun ini dan diterima di kampus negeri. “Setelah Juli akan terlihat berapa banyak siswa yang berhak menerima itu,” kata Sopan.

Dinas menyediakan Rp 2,5 triliun untuk membiayai 611 ribu siswa sekolah di ibu kota dengan Kartu Jakarta Pintar. Penerima tak bisa lagi menarik tunai dari kartu tersebut dengan adanyaelectronic data center.

Saat berbelanja keperluan sekolah, pengguna kartu hanya mengisi formulir berupa daftar barang yang ingin dibeli. Kemudian, pemilik toko menuliskan nominal biaya dan nomor rekening pemilik KJP, lalu formulir disetorkan ke bank. Bank DKI akan memotong saldo di rekening pengguna KJP dan mentransfernya ke pemilik toko sesuai dengan nominal yang tercantum di formulir.

Baca Juga:   The University of Edinburgh Coca-Cola Undergraduate Scholarships for Eastern Europe

Sumber: Tempo.co

5564 Total Views 1 Views Today

Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja

TAG

kartu indonesia pintar untuk mahasiswa, syarat kjp untuk mahasiswa

Bikin Polling di PollingKita.com, Informasi Lowongan Kerja di www.InfoKerja.net, Informasi Biaya di www.Biaya.info