Tips Menabung untuk Masa Depan Bagi Mahasiswa


Bersama ini kami sampaikan informasi Artikel Tips Menabung untuk Masa Depan Bagi Mahasiswa, Berikut ini:

Mahasiswa memang udah seharusnya mulai berpikiran luas dan lebih dewasa. Nggak ada salahnya mahasiswa mulai menabung untuk masa depan yang lebih baik dan cerah.

Persiapkanlah diri kamu sebaik mungkin dengan tips menabung berikut ini:

1. Kembangkan pengetahuan dan pemahaman dasar akan menabung

Menabung aja sebenarnya kurang cukup. Kenapa? Karena kamu tetap harus tahu tentang inflasi, besaran pajak investasi, dan lain sebagainya. Hal-hal itu berhubungan dengan arus kas kamu. Karena itu, kamu harus mengembangkan pengetahuan dan pemahaman dasar dari menabung.

Pelajari langkah perencanaan keuangan yang benar sesuai dengan usia dan kebutuhanmu saat ini. Ikuti seminar-seminar yang memperkaya pengetahuan kognitif tentang bagaimana memiliki usaha sampingan, berwirausaha, membangun startup, berinvestasi dan lain sebagainya. Perbanyak baca buku dan sumber lainnya yang berhubungan dengan cara berinvestasi dengan tepat, terutama bagi kamu para mahasiswa yang terbilang masih pemula.

Baca Juga:   5 Keuntungan yang Kamu Dapat Jika Mempunyai Skor TOEFL atau IELTS Tinggi

2. Cari usaha sampingan

Mumpung masih muda, cobalah untuk membuka usaha sampingan. Banyak usaha sampingan yang bisa kamu lakukan sebagai seorang mahasiswa. Kamu bisa coba untuk jadi asisten dosen, atau salurkan bakat menulismu dengan menjadi content writer. Usaha online pun bisa jadi alternatif kalau waktu kegiatan kuliahmu terlalu padat untuk bekerja di lapangan.

3. Bijak dalam berbelanja

Walau udah memiliki pekerjaan di samping tanggung jawabmu sebagai mahasiswa, kamu tetap harus bijak dalam membelanjakan uang hasil kerja kerasmu. Karena itu kamu perlu membuat anggaran belanja tiap bulan. Patuhilah anggaran yang telah dibuat berdasarkan kebutuhan, bukan keinginan.

4. Tentukan pembagian anggaran untuk pengeluaran

Kamu harus bisa mengalokasikan dan menentukan persentase pembagian anggaran pengeluaran tiap bulannya. Misalnya, untuk investasi 20%, untuk keperluan donasi atau zakat 10%, untuk keperluan sehari-hari 60%, dan untuk dana darurat 10%.

Baca Juga:   6 Cara Belajar Saham untuk Pemula

5. Miliki dana darurat

Kumpulkanlah dana darurat sejak dini. Dana ini akan kamu perlukan di masa-masa darurat nanti. Mungkin memang dirasa belum dibutuhkan sekarang, tapi kamu pasti akan melihat manfaatnya di masa depan nanti.

6. Mulai siapkan diri dengan investasi

Kalau kamu ingin menambah uang tabungan, maka kamu bisa mulai untuk mencoba menginvestasikan uangmu ke instrumen investasi. Tentunya karena kamu baru memulai, pilihlah instrumen yang nggak membutuhkan modal besar. Contohnya adalah investasi reksadana.

Reksadana adalah jenis investasi yang cukup terjangkau, bahkan untuk ukuran kantong mahasiswa. Untuk memulainya cuma diperlukan sedikit uang dan waktu. Dengan uang sebesar Rp100.000 aja kamu pun bisa memulai investasi yang satu ini. Terjangkau banget, kan?

Baca Juga:   5 Langkah Meningkatkan Critical Thinking Skill

7. Siapkan asuransi sebagai investasi juga

Tiap orang pasti ingin masa depan yang lebih baik. Salah satunya adalah dengan memiliki asuransi. Nggak perlu enggan untuk memiliki asuransi swasta atau menjadi anggota BPJS, karena tiap fasilitas yang disediakan pasti akan membantu kamu. Ada baiknya kamu segera memiliki asuransi dari sekarang, karena semakin muda usiamu memiliki asuransi, maka premi bulanan yang harus dibayarkan akan semakin kecil.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

2167 Total Views 3 Views Today

Bikin Polling di PollingKita.com, Informasi Lowongan Kerja di www.InfoKerja.net, Informasi Biaya di www.Biaya.info