Cara Agar Lebih Open Minded


Bersama ini kami sampaikan informasi mengenai cara agar lebih open minded, Berikut ini:

Open minded atau berpikiran terbuka memang penting sekali agar kamu bisa makin mengembangkan diri. Dunia ini memang tak seluas daun kelor, kan? Kadang kamu merasa sudah tahu tetapi ternyata selalu ada lebih banyak lagi yang belum kamu ketahui.

Tetapi keluar dari cangkang memang butuh perjuangan. Berpikiran terbuka sering kali gak bisa terjadi begitu saja melainkan juga butuh upaya darimu. Inilah 5 cara yang bisa kamu lakukan agar kamu makin open minded:

1. Membaca beragam bacaan

Bacaan memang jendela dunia. Tak cuma buku melainkan juga koran, majalah, dan sebagainya. Pun jangan terpaku hanya pada salah satu jenis bacaan. Sebab dalam setiap bacaan, kamu tak hanya akan menemukan fakta-fakta melainkan juga berbagai sudut pandang penulisnya.

Baca Juga:   9 Perguruan Tinggi Tertua di Indonesia

2. Menonton tayangan-tayangan yang berisi keberagaman hidup

Lebih selektif memilih tayangan menjadi penting karena waktumu juga terbatas. Pilihlah tayangan yang bisa memberitahumu keberagaman di dunia ini. Seperti bagaimana orang-orang di berbagai belahan dunia menjalani hari-hari mereka, apa saja pekerjaan yang amat menjanjikan untuk saat ini, dan bagaimana pendapat kaum minoritas.

3. Masuk dalam pergaulan yang heterogen

Memang menyenangkan berteman dengan orang-orang yang memiliki banyak kesamaan denganmu. Kalian jadi tak perlu repot-repot saling menyesuaikan diri. Tetapi jangan lupa, terjebak pergaulan dengan orang-orang yang itu-itu saja malah bisa membuat pikiranmu terkungkung.

Kamu perlu lebih luwes dalam bergaul. Cobalah dekati orang-orang yang berbeda darimu. Seperti berbeda latar belakang pendidikan, kondisi sosial ekonomi, asal daerah, serta agama dan kepercayaan. Melalui pertemanan dengan mereka, kamu akan melihat dunia ini luas dan kompleks sekali.

Baca Juga:   Bingung dengan Masa Depan? Lakukan 5 Tips Ini

4. Mengikuti diskusi-diskusi yang sehat

Memangnya ada diskusi yang tidak sehat? Ada, yaitu diskusi yang ujung-ujungnya hanya sibuk berdebat. Berusaha terlalu keras memenangkan suatu pandangan dan mencibir pandangan-pandangan yang lain. Yang seperti ini lebih baik kamu jauhi karena hanya akan membuatmu makin sempit pikiran.

Yang kamu perlukan adalah diskusi yang menjadikan perbedaan pandangan sebagai sesuatu yang saling melengkapi. Diskusi yang sehat selalu ramah pada semua anggota diskusi, mencari tahu alasan di balik suatu pandangan tanpa terdengar hendak membantainya.

5. Kurangi ‘sudah pasti’, ganti dengan ‘mungkin saja’

Terdengar sepele, tetapi keterbukaan pikiranmu juga bisa ditandai dari seberapa sering kamu mengatakan dua kalimat tersebut. Apakah kamu lebih sering bilang ‘sudah pasti’ atau ‘mungkin saja’?

Baca Juga:   Inilah 5 MINDSET yang Bisa Menghambat Kamu Untuk Berkembang

Makin terbuka pikiranmu, makin kamu sering mengatakan ‘mungkin saja’. Tentu ada kalanya kamu tetap menyebut ‘sudah pasti’ untuk hal-hal yang tak terelakkan lagi. Nah, mulai sekarang, kamu bisa memancing pikiranmu agar lebih terbuka dengan memperbanyak ‘mungkin saja’.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat

1146 Total Views 3 Views Today

Bikin Polling di PollingKita.com, Informasi Lowongan Kerja di www.InfoKerja.net, Informasi Biaya di www.Biaya.info